Dasar SEO

7:49 PM 0 Comments



Assalamualaikum sobat blogger...

Lama tidak ngeblog nih, dah nggak sabar pengen ngeposting sesuatu buat nambah wawasan para sobat.

Oke pertemuan kai ini kita akan membahas tentang Dasar-dasar SEO (Search engine Optimatisation). Mengapa SEO ini sangat penting untuk diamalkan? cie kaya ibadah aja ya sob :) Karena dengan ini akan membuat blog kita akan cepat ditemukan oleh mesin pencari (Search engine) di internet khususnya Google.

Oke beberapa hal yang merupakan dasar dari SEO untuk blogging adalah :

1. Pemilihan Kata Kunci (Keyword) yang tepat 
    Maksudnya tepat disini adalah kata kunci dari blog harus mencerminkan konten. Misalnya kita menggunakan kata kunci "komputer", maka sudah pasti blog kita buat harus berisi seputar dunia komputer. Jangan sampai membuat Google berpikir beberapa kali untuk membuat blog kita menjadi popular hanya karena blog kita tidak jelas "arah"nya.
    Supaya Google memilih blog kita diantara ribuan bahkan mungkin jutaan pesaing maka hal ini perlu kita perhatikan. Jangan dianggap remeh karena mungkin hal sekecil ini dapat menyebabkan blog kita ditolak oleh beberapa iklan PPC yang kita ikuti.    



2. Tema dan Desain Blog yang menarik
    Yang mungkin kurang diperhatikan oleh para blogger pemula adalah seringkali meremehkan tampilan. Mereka masih mengutamakan egonya diatas segalanya. Sehingga yang perlu digaraisbawahi disini adalah apa yang anda suka belum tentu Google suka.akur??? :) 

3. Nama Domain yang tepat
    Untuk keperluan pengaksesan maka harus dipikirkan nama Domain yang sesuai dengan tema blog kita. Bahkan disarankan domain disesuaikan dengan keyword blog kita.

4. Judul Mengandung Keyword.
    Buatlah judul blog yang sesuai dengan keywoord yang sudah kita tentukan. Hindari membuat judul yang berefek animasi maupun berefek photoshop yang mana akan mengganggu SEO. 

5. Menyisipkan keyword pada posting
    Ketika sudah masuk ke ranah posting, harap diingat bahwa keyword merupakan nyawa dari postingan kita. Kalau nyawa berarti itu merupakan hal yang penting, hehehe. Maksudnya kita jangan asal menulis sehingga lupa misi kita yang ingin memajukan kesejahteraan blog, hehehe. Keyword dapat diwujudkan dalam bentuk tulisan miring, tebal, maupun perpaduan keduanya.

6. Menyisipkan Meta Tag
    Meta tag merupakan kode HTML yang ditambahkan ke dalam blog/situs untuk memberitahu Robot search engine tentang isi dari postingan kita. Meta Tag ini memberikan halaman judul, deskripsi dan kata kunci untuk meningkatkan peringkat dalam pencarian search engine.
Contoh Meta Tag :

<meta content='Masukkan Deskripsi blog sobat panjang karakter maksimal 156 karakter'/>

Jika penulisan pada Meta content ini melebihi 156 karakter akan menyebabkan Google mengabaikan Meta Tag ini. Ini salah satu Meta tag penting yang harus anda perhatikan.

Oke sobat blogger, itulah sekelumit Dasar SEO yang harus diketahui. Untuk SEO lanjutan akan saya bahas di kemudian hari. Semoga artikel ini berguna untuk kemajuan bangsa Indonesia menuju "Generasi sukses melek IT".

Wassalam, 

Seorang Online Entrepreneur. Suka travelling, Online Marketing juga Networking.

0 comments: